Menu

Mode Gelap

Nasional · 19 Mei 2024 20:28 WIB ·

WNA Filipina Kedapatan Mencuri Ikan di Indonesia, Imigrasi Tunggu Laporan Lengkapnya


 WNA Filipina Kedapatan Mencuri Ikan di Indonesia, Imigrasi Tunggu Laporan Lengkapnya Perbesar

SANGIHE – Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) melalui Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, mengaku jika pihaknya menunggu laporan lengkap terkait dengan Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina yang tertangkap bersama Kapal Pencuri Ikan di perairan Indonesia.

Diakui Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Tahuna, Azmar Mido, pihaknya sudah mendapatkan informasi awal dari PSDKP Tahuna, di mana ada 13 WNA asal Filipina yang diamankan saat melakukan tindakan pencurian ikan.

“Tapi kami masih menunggu laporan lengkapnya, karena hingga kini belum ada laporan data diri secara lengkap dari para WNA tersebut,” ujar Azmar, Minggu (19/5).

Disebutkan Azmar, pihaknya masih menunggu proses serah terima 13 Orang WNA tersebut dari Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KPKP-RI) Hiu 15 ke pihak Stasiun PSDKP, baru kemudian ke pihak Imigrasi.

Lebih lanjut, Azmar mengatakan jika setelah lengkap berkas dan WNA diserahterimakan, maka akan diproses sesuai hukum imigrasi yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ada dua jenis sanksi yang bisa diterapkan oleh Imigrasi, pertama bisa melalui tindakan administratif keimigrasian yakni pendeportasian ke negara asal, atau melalui jalur peradilan atau pro justitia. Tapi itu tergantung dari proses ke depannya seperti apa,” ujarnya.

Menurutnya, pihak imigrasi melihat kualitas alat bukti, di mana jika dimungkinkan atau terbuka peluang, maka kasus akan dilakukan penegakan hukum melalui jalur peradilan.

“Kalau sudah lengkap laporannya, tentu kita akan tentukan apa yang akan kita tindak lanjuti,” kata Azmar kembali.

Sebelumnya, 13 ABK WNA asal Filipina tersebut diduga terlibat kasus ilegal fishing sebagaimana diatur dalam Pasal 119 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dana tau pasal 113 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian Juncto pasal 55 ayat 1 KUHP.

Sumber : Kumparan

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

APTIKNAS Kembali Mendukung pada IndoBuildTech Expo 2024

15 Juni 2024 - 20:07 WIB

Ramai Korban Judi Online Dapat Bansos, OJK Lebih Kepada Edukasi

15 Juni 2024 - 15:49 WIB

Maju Pilkada Jakarta, Kaesang: Tunggu bulan Agustus

7 Juni 2024 - 17:20 WIB

Jokowi Sebut Pengunduran Diri Kepala OIKN Karena Alasan Pribadi

5 Juni 2024 - 12:15 WIB

PPIH Embarkasi Batam Mencatat Empat Calon Haji Meninggal Dunia di Tanah Suci

1 Juni 2024 - 19:09 WIB

Jokowi Tekankan Pancasila Pembebas dari Ketergantungan Terhadap Pihak Asing

1 Juni 2024 - 10:23 WIB

Trending di Nasional