Menu

Mode Gelap

Kepri · 21 Mei 2024 22:22 WIB ·

Pemprov Kepri Targetkan Pinjaman Modal Usaha UMKM Hingga Rp60 Miliar


 Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad /foto: ist Perbesar

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad /foto: ist

Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menargetkan pinjaman modal usaha tanpa bunga hingga Rp60 miliar untuk 2.000 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada tahun 2024.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di Batam, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya telah meningkatkan plafon pinjaman modal dari Rp20 juta per UMKM, menjadi Rp40 juga per UMKM.

“Maka bunga 11 persen yang harusnya dibayar oleh peminjam, kami tanggung sepenuhnya dengan APBD Kepri,” kata Ansar.

Ia menyampaikan sejak tahun 2021 hingga Februari 2024, Pemprov Kepri telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp21,78 miliar untuk UMKM.

Langkah tersebut dilakukan untuk menjamin agar UMKM Kepri tetap eksis, serta pemerintah provinsi terus berkomitmen untuk mendorong pelaku usaha agar terus maju dan berkembang.

“Harus kita akui beberapa waktu yang lalu ketika terjadi turbulensi ekonomi begitu berat, karena pandemi COVID-19 selama dua tahun, namun UMKM menjadi salah satu penyelamat ekonomi bangsa ini,” ujar dia lagi.

Selain dengan mendukung perkembangan UMKM melalui pinjaman modal usaha tanpa bunga, Pemprov Kepri juga bekerja sama dengan BI Kepri untuk terus melakukan pembinaan dan kurasi terhadap produk-produk unggulan di 7 kabupaten/kota di provinsi setempat.

“Kami terus bekerja sama menggelar road to show Gebyar Melayu Pesisir yang telah banyak kita gelar bekerja sama dengan BI Kepri,” kata dia lagi.

Lebih lanjut, kata Ansar, pihaknya terus membangun sinergi dengan lintas instansi, antara BI, Satgas Halal Kepri, BPOM, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) untuk berikan layanan perizinan terpadu lebih mudah cepat untuk pelaku UMKM.

“Mudah-mudahan usaha kami mampu membangun semangat untuk menggali potensi potensi besar dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan,” kata Ansar.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

LPK Catur Training Centre, Lembaga Pelatihan yang Mencetak SDM Handal

15 Juni 2024 - 14:12 WIB

Gubernur Ansar Dijadwalkan Menjadi Khatib Idul Adha di Batam

14 Juni 2024 - 19:58 WIB

BP Batam Gelar Kampanye Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Internal

14 Juni 2024 - 19:50 WIB

Dukung ETLE di Kepri, Gubenur Ansar Terima Penghargaan dari Kapolri

13 Juni 2024 - 20:11 WIB

Tinjau Pembagunan Hunian Baru Masyarakat Rempang, Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Target

11 Juni 2024 - 12:21 WIB

Gubernur Ansar Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Sinergi OPD

11 Juni 2024 - 12:14 WIB

Trending di Kepri