Menu

Mode Gelap

Kepri · 24 Mei 2024 12:04 WIB ·

Nasib Kru Kapal MT Arman 114 Tak Jelas, Rolas : Imigrasi Batam Ingkar Janji


 Kuasa Hukum Nakhoda Kapal MT Arman 114, DR.Rolas Budiman Sitinjak,S.H.,M.H, IPC., CLA/foto:ist Perbesar

Kuasa Hukum Nakhoda Kapal MT Arman 114, DR.Rolas Budiman Sitinjak,S.H.,M.H, IPC., CLA/foto:ist

Batam – Kantor Imigrasi Batam ingkar janji terkait deportasi kru Kapal MT Arman 114. Padahal Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam sebelumnya telah menggelar rapat dengan instasi terkait. Rapat yang dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam memutuskan bahwa tindakan deportasi merupakan langkah yang di ambil secara tegas sebagai tindak lanjut temuan ini, pada Selasa (14/5).

Kepala Bidang Teknologi Informasi Keimigrasian Rizky Yudhaikawira secara langsung membenarkan pernyataan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Samuel Toba, bertempat di ruang Aula Ajad Sudrajat Kantor Imigrasi Batam. Imigrasi dengan tegas akan melakukan deportasi, hal ini dapat terjadi karena adanya sinergitas antar instansi terkait di Batam

Menanggapi hal itu, DR. Rolas Budiman Sitinjak, S.H., M.H., IPC., CLA., selaku Kuasa Hukum Nahkoda kepada Wartawan, Kamis (23/5) mengatakan “Kesepakatan tersebut dihadiri oleh pihak Bakamla, Kejaksaan, Imigrasi, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia yang menetapkan bahwa seluruh kru Kapal MT Arman 114, yang ditangkap karena pelanggaran hukum di perairan Indonesia, akan segera dideportasi ke negara asal mereka.

“Namun, hingga kini, langkah tersebut belum juga direalisasikan oleh pihak Imigrasi Batam” kata Rolas.

Rolas menyayangkan tindakan Imigrasi Batam yang dianggap mengabaikan kesepakatan yang telah dibuat. “Ini adalah pelanggaran serius terhadap komitmen yang telah disepakati bersama. Kami mendesak pihak Imigrasi untuk segera menindaklanjuti dan melakukan deportasi sesuai dengan komitmen,” ujarnya.

Lebih lanjut, “saya tidak tahu kenapa pihak Imigrasi Batam ingkar janji dengan kesepakatan kita, apakah ada penekanan oleh pihak-pihak tertentu, sehingga mereka mangkir,” imbuhnya.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini. Masyarakat dan para pemangku kepentingan kini menantikan tindakan konkret dari pihak Imigrasi untuk menyelesaikan polemik ini sesuai dengan hukum dan kesepakatan. (red)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

LPK Catur Training Centre, Lembaga Pelatihan yang Mencetak SDM Handal

15 Juni 2024 - 14:12 WIB

Gubernur Ansar Dijadwalkan Menjadi Khatib Idul Adha di Batam

14 Juni 2024 - 19:58 WIB

BP Batam Gelar Kampanye Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Internal

14 Juni 2024 - 19:50 WIB

Dukung ETLE di Kepri, Gubenur Ansar Terima Penghargaan dari Kapolri

13 Juni 2024 - 20:11 WIB

Tinjau Pembagunan Hunian Baru Masyarakat Rempang, Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Target

11 Juni 2024 - 12:21 WIB

Gubernur Ansar Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Sinergi OPD

11 Juni 2024 - 12:14 WIB

Trending di Kepri