Menu

Mode Gelap

Nasional · 25 Mei 2024 07:04 WIB ·

BRIN Bangun Platform Sistem Pantau Bencana Hidrologi


 BRIN Bangun Platform Sistem Pantau Bencana Hidrologi Perbesar

Jakarta – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membangun platform berbasis satelit penginderaan jauh yang dapat dimanfaatkan untuk memantau kondisi bencana hidrologi di berbagai daerah.

Melansir dari Antara, Kepala Pusat Riset Geoinformatika, Rokhis Khomarudin mengatakan platform teknologi itu bernama Geomimo yang merupakan akronim dari Geoinformatika Multi-Input dan Multi-Output.

“Kami telah menggunakan platform-platform ini untuk membangun sistem pemantauan bencana terkait air,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Geomimo merupakan sebuah platform yang berfungsi untuk mengumpulkan data satelit penginderaan jauh dan geospasial (multi input), kemudian diolah dan dianalisis secara otomatis untuk menghasilkan berbagai informasi (multi output).

Rokhis menekankan pentingnya berbagi data dan pengetahuan dalam pemanfaatan penginderaan jauh untuk penanggulangan bencana terkait air.

Geomimo akan fokus pada riset dan pengembangan sistem untuk ketahanan pangan, lingkungan, kebencanaan, perhitungan emisi gas rumah kaca, serta isu strategis lainnya, seperti penangkapan ikan ilegal, penanaman ganja ilegal, dan isu pertahanan serta keamanan.

“Geomimo menjadi alat yang vital dalam pengelolaan sumber daya air dan penanggulangan bencana di Indonesia dan global,” kata Rokhis.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kembali dari COMPUTEX 2024 Taiwan, Delegasi APTIKNAS Sukses Jalankan Misi

19 Juni 2024 - 10:40 WIB

APTIKNAS Kembali Mendukung pada IndoBuildTech Expo 2024

15 Juni 2024 - 20:07 WIB

Ramai Korban Judi Online Dapat Bansos, OJK Lebih Kepada Edukasi

15 Juni 2024 - 15:49 WIB

Maju Pilkada Jakarta, Kaesang: Tunggu bulan Agustus

7 Juni 2024 - 17:20 WIB

Jokowi Sebut Pengunduran Diri Kepala OIKN Karena Alasan Pribadi

5 Juni 2024 - 12:15 WIB

PPIH Embarkasi Batam Mencatat Empat Calon Haji Meninggal Dunia di Tanah Suci

1 Juni 2024 - 19:09 WIB

Trending di Nasional