Menu

Mode Gelap

Kepri · 25 Mei 2024 20:23 WIB ·

Perkuat Hubungan Bilateral, BP Batam-Johor Kerjasama Bidang Ekonomi


 Perkuat Hubungan Bilateral, BP Batam-Johor Kerjasama Bidang Ekonomi Perbesar

Batam – BP Batam dan Pemerintah Johor Bahru Malaysia memperkuat hubungan bilateral untuk meningkatkan kerja sama bidang ekonomi kedua wilayah itu.

Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Kantor BP Batam, Sabtu (26/5/2024) Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan peningkatan konektivitas kedua wilayah yaitu Batam-Johor juga menjadi pembahasan utama.

Rudi menambahkan hadirnya rute kapal Ro-Ro baru Batam – Johor dinilai mampu meningkatkan konektivitas dan perekonomian Kota Batam.

“Pembukaan rute Ro-Ro menjadi prioritas kami. Karena semakin cepat kita wujudkan maka semakin cepat pula perekonomian kedua wilayah tumbuh. Tadi Menteri Besar Johor sudah menyampaikan akan didiskusikan lebih lanjut terkait persiapan infrastruktur di sana dengan kementerian terkait, sembari pelabuhan di Batam membenahi infrastruktur pendukung pelabuhannya,” kata Rudi.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Rudi juga membahas rencana pembangunan terminal baru di Terminal Ferry Internasional Batam Center untuk mempermudah wisatawan asing dari Batam dan ke Johor dan sebaliknya.

“Pengembangan Pelabuhan Batam Center kami khususkan untuk mendorong sektor pariwisata. Selain itu, jumlah tenaga kerja Indonesia di Johor juga cukup banyak, jadi saya rasa pengembangan ini juga akan bermanfaat untuk mereka,” ujar dia.

Ia berharap hasil diskusi ini dapat diteruskan ke lembaga tertinggi di Malaysia agar mendorong percepatan pembangunan infrastruktur kedua wilayah.

“Sebagai teman satu rumpun, saya juga berharap mudah-mudahan silaturahmi ini dapat terus terjalin dengan baik,” kata Rudi.

Menteri Besar Johor Dato’ Onn Hafiz Ghazi mengatakan setelah melakukan pertemuan dengan BP Batam, pihaknya juga akan menindaklanjuti terkait kesiapan rencana pembukaan rute Ro-Ro Batam-Johor, baik dari segi infrastruktur, kesiapsiagaan, serta kesepakatan di tingkat kepemimpinan.

“Hal itu untuk memastikan semua daftar periksa dilihat secara terinci, dari segi infrastrukturnya, dari segi kesiapsiagaannya,” kata dia.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

LPK Catur Training Centre, Lembaga Pelatihan yang Mencetak SDM Handal

15 Juni 2024 - 14:12 WIB

Gubernur Ansar Dijadwalkan Menjadi Khatib Idul Adha di Batam

14 Juni 2024 - 19:58 WIB

BP Batam Gelar Kampanye Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Internal

14 Juni 2024 - 19:50 WIB

Dukung ETLE di Kepri, Gubenur Ansar Terima Penghargaan dari Kapolri

13 Juni 2024 - 20:11 WIB

Tinjau Pembagunan Hunian Baru Masyarakat Rempang, Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Target

11 Juni 2024 - 12:21 WIB

Gubernur Ansar Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Sinergi OPD

11 Juni 2024 - 12:14 WIB

Trending di Kepri