Menu

Mode Gelap

Ekbiz · 7 Jun 2024 11:43 WIB ·

WhatsApp Business Perbanyak Fitur Berbasis AI


 Ilustrasi fitur WhatsApp Business/foto: ist Perbesar

Ilustrasi fitur WhatsApp Business/foto: ist

Batam – Aplikasi khusus untuk bisnis besutan Meta WhatsApp Business mengumumkan sejumlah pembaruan mulai dari fitur berbasis artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) yang semakin banyak, fitur panggilan hingga memperketat sistem verifikasi akun.

Dalam konferensi video bersama jurnalis menjelang konferensi tahunan Conversations, di Jakarta, Rabu (5/6/2024), Wakil Direktur Perpesanan Bisnis Meta Nikila Srinivasan mengatakan 80 persen orang secara global berkomunikasi dengan bisnis setidaknya seminggu sekali.

WhatsApp Business adalah aplikasi pesan instan yang ditujukan untuk pelaku bisnis, termasuk usaha kecil menengah (UKM). Berbeda dengan aplikasi WhatsApp reguler, WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur-fitur untuk memperlancar komunikasi dengan pelanggan, misalnya fitur katalog untuk melihat produk yang ditawarkan bisnis tersebut.

Dalam Conversations, yang diadakan di Brazil tahun ini, WhatsApp Business mengumumkan lebih banyak fitur berbasis AI pada platform pesan instan tersebut.

Dengan AI, bisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan mereka meskipun tidak beroperasi 24 jam WhatsApp Business menggunakan AI untuk menjawab hal-hal yang sering ditanyakan konsumen sehingga selain bisa terhubung dengan pelanggan kapanpun, konsumen bisa mendapat jawaban secara cepat.

WhatsApp Business juga membuat fitur untuk mengingatkan pelanggan yang bersedia dihubungi, misalnya menawarkan diskon atau mengingatkan ada produk yang tersimpan pada keranjang belanja.

Untuk menghindari spam, Nikila mengatakan mereka memastikan fitur AI hanya ditujukan kepada konsumen yang ingin berkomunikasi dan memberikan label pada akun bisnis yang menggunakan AI.

WhatsApp Business juga memperkenalkan fitur panggilan, yang selama ini hanya ada pada aplikasi reguler, untuk perusahaan besar. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap uji coba.

Untuk memperketat keamanan akun, WhatsApp Business meluncurkan Verifikasi Meta untuk Indonesia, India, Brazil dan Kolombia. Akun bisnis akan mendapatkan lencana verifikasi sehingga terhindar dari pemalsuan identitas.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Perayaan HUT RI di IKN, Ekonom: Momen Kuat Menarik Investor

5 Juni 2024 - 16:40 WIB

Tok! Pemerintah Tetapkan BSD, Batam dan Morowali Kawasan Ekonomi Khusus

30 Mei 2024 - 15:45 WIB

5 Pemikiran Keren Robert Kiyosaki untuk Menjadi Kaya Raya

25 Mei 2024 - 10:30 WIB

Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Program PackFest 2024

24 Mei 2024 - 11:37 WIB

Wapres Resmi Buka Pekan Ekonomi dan Keuangan Syariah

22 Mei 2024 - 18:53 WIB

Batam Jadi Daerah Penerapan Sertifikat Tanah Elektronik

21 Mei 2024 - 06:36 WIB

Trending di Ekbiz